Friday, August 21, 2015

7 Pekerjaan Menguntungkan Tanpa Menggunakan Ijazah

Tahukah anda banyak orang sukses tanpa ijazah yang di sekiran desa/kota anda sendiri, siapakah saja orangnya pasti anda tahu dan apa pekerjaannya?
nah itu bisa bisa menjadi bahan inspirasi dan motivasi untuk diri kita bahwa sekolah tinggi itu tidak bisa menjadikan semua orang kaya, justru kegigihan dan patah menyerah adalah kekuatan terkuat dalam suatu kehidupan, di bawah ini saya paparkan beberapa usaha yang berhasil tanpa ijazah.
7 Pekerjaan Menguntungkan Tanpa Menggunakan Ijazah


1. Jurnalis
Kewartawanan atau jurnalisme (berasal dari kata journal) mempunyai arti catatan harian atau catatan mengenai kejadian sehari-hari, dapat juga diartikan sebagai surat kabar. Journal berasal dari istilah bahasa Latin diurnalis, yaitu orang yang melakukan pekerjaan jurnalistik.
Di Indonesia, istilah "jurnalistik" dulu dikenal dengan "publisistik". Dua istilah ini tadinya biasa dipertukarkan, hanya berbeda asalnya. Beberapa kampus di Indonesia sempat menggunakannya karena berkiblat kepada Eropa. Seiring waktu, istilah jurnalistik muncul dari Amerika Serikat dan menggantikan publisistik dengan jurnalistik.
2. Marketing/Sales
Dalam strategi pemasaran, maka makna Pasar itu begitu luas sehingga pengusaha harus memilih yang tepat mana bagian tertentu, pasar mana saja yang akan dilayani, semua ini agar fokus.  Dalam strategi pemasaran, ini sangat penting dan menjadi awal dari semua upaya, yaitu segmentasi pemasaran, yang artinya yaitu upaya2 untuk mengelompokan pasar, hal ini untuk mempermudah  bagaimana kita memperlakukan pasar, karena jika modal terbatas, maka akan kepayahan jika harus melakukan pendekatan secara bersamaan ke seluruh masyarakat Indonesia, dan butuh tenaga dan biaya yang cukup besar, selain waktu yang begitu panjang, meski itu dengan media online sekalipun, karena belum semua masyarakat yang dituju juga memanfaatkan online sebagai perilaku harian. Segmentasi pasar merupakan langkah awal dari strategi pemasaran, agar produk benar2 diformat sesuai dengan keinginan pasar.
Segmentasi pasar yang tepat dalam memulai usaha akan mengefektifkan dana awal dalam usaha, terutama pada pengusaha dengan modal minimalis, karena dengan segmentasi pasar yang tepat, lalu dilanjut dengan Targeting, sesuai target pasar yang akan dituju, sangat menguntungkan pelaku usaha terutama untuk memutar modal dari tingginya penjualan, misal adanya respon dari pasar yang cepat, dari promosi singkat pun sudah menjadi  penjualan yg tinggi, mungin  karena faktor pendekatan iklan yang  tepat sasaran, memang membutuhkan produk itu, termasuk rumusan keunggulan yang dimiliki. Sepertinya halnya akan sulit mendapatkan respon pasar yang cepat, jika TIm Marketing mobil Mercedez Benz mensponsori untuk lomba BAND antar SMP, akan lebih efektif, disesuaikan TARGET PASARNYA, misal menjadi sponsor pada event LOMBA GOLF. 

Di sisi lain akan mempromosikan produk PASTA GIGI, maka target audience yang akan dibidik adalah ibu rumah tangga, karena dari sanalah 70% keputusan membeli dari kebutuhan rumah tangga, misal minyak goreng, sabun, susu, sabun cuci dll, sehingga dalam membuat media promosi, mencoba menarik sisi emosional ibu rumah tangga. Contoh lain adalah iklan SUNLIGHT, sabun cuci piring dengan program 1000 IBU SUNLIGHT, seorang ibu merekrut ibu lain untuk care dan menggunakan sabun cair SUNLIGHT, dilombakan dengan hadiah ratusan juta, atau pendekatan iklan  Misal kita akan membidik segmentasi ibu2 maka kita siapkan iklan yang sesuai rencana dalam strateg pemasaran .

Atau mencoba menggeser target pasar dan menggeser audience iklan, dari yang selama ini prmosi ke media umum seperti KOMPAS, REPUBLIKA, karena produk khusus wanita, maka promosi digeser t sesuai target pasar ke  Majalah Femina,  Tabloid Bunda, Tabloid Nova dll

2. Perencanan Produk
Dalam strategi pemasaran, sebelum membangun produk yang siap di lepas di pasar perusahaan  perlu menyusun perencanaan produk yang disesuaikan target pasarnya, misal  menentukan volume produk, kemasan, iklan, dan tokoh dalam iklan, Kenapa sekarang banyak kecap yang dijual dengan sachet Rp. 1000 an dan tidak hanya di botolan Rp.10ribuan? Kenapa iklan dalam produk kecap  menggunakan artis yang digandrungi kaum wanita? kenapa menggunakan botol kecap yang sederhana saja tetapi kuat?
Semua itu perlu direncanakan, bahkan produk MIE SEDAP  yang akan dilempar ke pasar, agar bisa bersaing dengan produk INDOMIE, SARIMI dan SUPERMI, melakukan riset pasar selama kurang lebih 2 tahun dan mennghabiskan dana milyaran, untuk menentukan bentuk produk yang bisa lebih diinginkan pasar, dan bisa langsung berjibaku dengan produk INDOFOOD GROUp tersebut, akhirnya dilemparkan MIE SEDAP yang bahan mie nya meski belum di masak sudah lebih gurih, ada serbuh koya, ada bumbu dengan rasa yang tajam, dengan bahan mie yang lebih mudah matang ketika di masak dll.  terlihat bahwa strategi pemasaran tidak melulu harus langsung berhubungan dengan produk yang sudah jadi siap jual, tapi bisa dalam perencanaan.
COntoh lain karena dalam rumusan strategi pemasaran,  segmen yang dibidik adalah  Ibu2 maka direncanakan bungkus produk dan promosi lebih menggunakan warna soft, cerah dengan nuansa  ping dan ungu, lalu bahasa yang digunakan dalam kemasan dan manual tidak  harus rumit namun bahasa  yg mudah dimengerti. Kemudian karena segmen ibu2, maka produk harus mudah digunakan, simple dan tidak butuh perawatan yang pelik/rumit, semua ini demi persepsi  dari ibu2 terhadap produk. Kenap bukan kemasan dengan warna hitam legam?
3. Manajemen Harga
Manajemen harga adalah bentuk upaya yang paling startegis dalam mengawali persaingan, bisa berawal perhitungan yang matang secara internal kemudian dibandingkan dengan pesaing.  Manajemen harga ini bisa diawali dengan cara sederhana, harga ketika promosi, harga eceranm harga agen/reseller dan lain-lain. Di era informasi ini, pengembangan stratego pemasaran begitu luas, karena saat ini PASAR juga ikut menentukan harga, sebagai masukan di pasar, terutama ketika pasar merespon rendah produk2 tertentu dengan kreatifitas harga yang salah, respon pasar terhadap rumusan harga dari pesaing,
dapat kita lihat bahwa produk Straegi pemasaran dari Wing Food, selalu kreatif dalam menentukan harga berbasis segmen pasarnya, misal beli 5  MIE SEDAP, gratis 1 MIe, membeli 3 KOPI ABC, gratis 1 bungkus, dapat kita amati ini menguntungkan  2 sisi, yaitu penjual dan pembeli, jika pembeli/pengguna membeli 3 maka yang dibawa pulanga adalah 4 bungkus, namun jika pembeli hanya 1 bungkus, maka bonusnya milik penjualnya,  yang juga bisa dijadikan uang dalam bentuk penjualan kembali.
4. Distribusi
Distribusi merupakah bagian dari strategi pemasaran yang cukup menguras energi karena faktor efektifitas dan efisiensi,  sehingga ada 3 pihak yang akan dipuaskan, pertama produsen, kedua  agen/reseller, ketiga konsumen. Nah dari distribusi ini jika anda pengusaha toko online maka bisa menentukan pihak ketiga dalam pengiriman2 barang yang terjamin dengan baik dan asuransi yang jelas. Distribusi adalah layanan yang bisa dirasakan dampaknya oleh semua pihak karena dengan menggunakan rantai-rantai/jalur.
Salah satu keunggulan produk BUKU dari GRAMEDIA adalah pemasaran yang menyatu dari distribus bukui, karena selain produsen buku, juga sekaligus menjadi distributor dan memiliki TOKO BUKU di berbagai kota, sehingga inline, dan  integratif. Selain itu produk beberapa merek MAKANAN, snack ada yang menggunakan rantai berlapis, dari distributor, agen, pengecer, ditambah lagi stimulan dg promosi demo, dan MENCOBA PRODUK di mana-mana dalam waktu yg lama, meski itu didesa yang jauh dari kota yang peradabnnya juga minimalis dari sisi media, misal internet dan TV, masih jarang.
5. Komunikasi dan Promosi
Dalam  komunikasi ini menjadi  lini yang patut disusun dengan baik karena  ini yang akan menjadi awal pertemuan atau awal hubungan berupa informasi2.  Komunikasi ini meliputi penerapan pendekatan pemasaran, sistem publikasi, promosi penjualan, hubungan relasi, penjualan langsung, pembentukan media pendukung. Komunikasi yang tepat akan meningkatkan persepsi yang baik ke pasar, ada sebuah produk OBAT PENGHILAN NYERi bagi kaum wanita terutama jika sedang MENSTRUASI, padahal dari sisi komposisi obat sebenernya obat itu bisa juga untuk kaum lelaki, cuma dalam komunikasi pemasaran dan target pasar diarahkan kepada kaum wanita. Obat penghilang nyeri menstruasi tersebut memiliki kandungan tidak jauh dari penhilang nyeri bagi umum (pria/wanita), yang beda adalah dalak KOMUNIKASI PEMASARAN.
Masih ingat sebuah produk SAUS CABE dengan konsep pemasaran berbasis IMAGES, yaitu saus cabe botolan dengan iklan seorang ibu rumah tangga begitu disayangi suami, karena setiap pagi suaminya sampai mondar mandiri nyomot saus cabe sebelum kerja, atau iklan sebuah penyedap masakan yang menggambarkan seorang suami menjadi betah makan dirumah karena masakan istrinya menggunakan penyedab XXXXX, saya sendiri tahun 1995 pernah masuk pada tim riset marketing produk makanan, yaitu keju, yang digambarkan dengan selembar keju anak makin cerdas, nah coba bayangkan benarkan anak bisa makin cerdas dari konsumi keju?

3. Web Desain atau Pengembang Web
Perkembangan bisnis di dunia maya untuk saat ini semakin berkembang serta menjadi hal yang utama. Bahkan untuk prospek penghasilan yang diperoleh dari pekerjaan ini jauh lebih besar jika dibandingkan dengan pekerjaan yang lainnya. Jika Anda berminat untuk menggeluti dunia web ini, maka tanpa harus memiliki ijazah Anda sudah bisa menjadi seorang blogger. Yang terpenting Anda memiliki niat serta usaha untuk terus berkembang.

4. Ahli Desain atau Desainer
Untuk pekerjaan yang satu ini pastinya Anda tidak usah memerlukan ijazah. Desainer pun banyak macamnya, diantaranya adalah desain foto, web, media cetak bahkan desain fashion. Untuk pekerjaan yang satu ini Anda hanya membutuhkan keterampilan yang memang bisa Anda dapatkan dari mana saja. Misalkan Anda bisa mengikuti kursus jika memang Anda menyukai bidang ini.

5. Teknisi
Banyak diantaranya para teknisi yang memang tidak memiliki gelar namun mereka berhasil dalam menjalankan pekerjaan ini. Hal yang Anda butuhkan hanyalah keterampilan yang untuk saat ini telah banyak lembaga yang menyediakan kursus khusus untuk teknisi, komputer, dan lain sebagainya.
Itulah beberapa pekerjaan yang bisa Anda ambil jika memang Anda ingin melamar kerja tanpa ijazah. Semoga artikel kita kali ini bisa membantu Anda dalam memasuki dunia kerja.

6. Jadi Tukang Pijat Reflexi dan Patah Tulang
Ini adalah pekerjaan yang belum banyak orang minati, dan skill yang dimiliki pun perlu banyak pembelajaran, tapi alangkah baiknya pekerjaan ini jika di lakoni, yang pertama mendapatkan suatu pahala dan imbalan yang tidak bisa di patok. dari 30 ribu sampai jutaan rupiah per orang dalam waktu sehari. Bayangkan jika anda sudah terkenal berapa pengunjung yang datang kerumah anda untuk berobat.

7.  Konsultan Bisnis
  1. Masalah Pembuatan CV
  2. Struktur Organisasi
  3. Talen Mangemen
  4. SIUP
  5. Pemasaran Online
  6. Perencanaan Bisnis
Yang Paling Populer :
Saat ini ada banyak jenis bisnis konsultan, namun berikut ini adalah yang paling populer

1. Akunting : Hampir semua usaha membutuhkannya, tidak peduli seberapa besar atau kecilnya usaha tersebut.

2. Advertising/periklanan : tipe bisnis ini biasanya dibutuhkan untuk mengembangkan strategi kampanye iklan. 

3. Auditor : Konsultan yang mengaudit berbagai bidang dalam bisnis, mulai yang umum hingga spesifik.

4. Konseling Karir : Dengan semakin besarnya angkatan kerja yang tidak sebanding dengan lapangan kerja yang tersedia, banyak orang membutuhkan bimbingan untuk mendapatkan pekerjaan yang sesuai dan mereka inginkan baik dari pekerja maupun perusahaan pemberi kerja.

5. Konsultan Bisnis : Jika Anda memiliki indra bisnis yang bagus, maka Anda bisa terjun dalam bidang ini. Kebanyakan mereka dibutuhkan untuk meningkatkan keuntungan perusahaan atau dalam memulai usaha disuatu bidang. 

6. Konsultan komputer : Mulai dari software hingga hardware, hal ini sangat dibutuhkan dalam dunia usaha saat ini. Bisa dipastikan bidang ini sedang meroket di beberapa tahun terakhir.

7. Writing & Editorial Servise : Mulai memberikan pelatihan penulisan hingga menghasilkan newsletter hingga laporan tahunan perusahaan. Mereka yang ahli dibidang ini selalu dibutuhkan.

8. Human Resources Developmen/Sumber Daya Manusia : Konsultan dibidang HRD salah satu bidang yang selalu dibutuhkan perusahaan, namun saat ini pesaingnya pun sangat banyak. Anda harus memiliki nilai tambah yang membuat perusahaan konsultan Anda dilirik oleh klien. 

9. Pajak : Konsultan pajak memberikan arahan agar perusahaan  menjalankan usaha secara legal dengan pembayaran pajak seefektif mungkin. Dengan banyaknya kasus pajak saat ini, konsultan pajak selalu dibutuhkan.